PT POS INDONESIA

Pos Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan Pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan Perseroan Terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan persero.

Berdiri pada tahun 1746, saham Pos Indonesia sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga jasa keuangan, ritel, dan properti, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak lebih dari 4.000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Visi dan Misi

Visi dan Misi PT Pos Indonesia (Persero) telah ditetapkan oleh Direksi sesuai Keputusan No. 141/DIRUT/1218 tanggal 28 Desember 2018

Visi

Menjadi pilihan utama layanan logistik dan jasa keuangan

Misi

1.       Memberikan solusi layanan logistik e-commerce yang kompetitif

2.       Menjalankan fungsi designated operator secara profesional dan kompetitif.

3.       Memberikan solusi jasa layanan keuangan terintegrasi yang kompetitif dalam rangka mendukung financial inclusion berbasis digital.

4.       Memberikan solusi layanan dokumentasi dan otentikasi digital yang kompetitif.

Tagline: Kami Membawa Misi

Mengandung arti bahwa bisnis perusahaan adalah membantu mensukseskan misi pelanggan kita. Contoh, pelanggan akan menikahkan anaknya. Ia mengirim undangan ke teman - temannya dan mengirim melalui pos. Ia memiliki misi agar undangan itu diterima pada waktu yang tepat dan utuh. Ketika perusahaan bisa menyampaikan undangan itu dengan sebaikbaiknya, maka bisa dikatakan bahwa kita sudah ikut membantu menyukseskan misi pelanggan

Bidang Usaha

Berdasarkan Anggaran Dasar PT. Pos Indonesia (Persero) yang tercantum dalam Akta Notaris Sutjipto, SH nomor 117 tanggal 20 Juni 1995 yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan Akta Notaris Nomor 2 Tanggal 3 Juli 2018 dibuat dan disampaikan oleh Aryanti, S.H., M.Kn. Notaris di Jakarta, perusahaan bertujuan untuk menyelenggarakan usaha pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia. PT Pos Indonesia (Persero) senantiasa bertekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga mampu turut serta memajukan perekonomian nasional melalui paduan layanan yang diberikan hingga ke seluruh pelosok negeri Hingga saat ini, PT Pos Indonesia (Persero) melaksanakan kegiatan pos dengan bertumpu kepada tiga bisnis inti yaitu layanan pengiriman surat dan paket, logistik, jasa keuangan, serta bisnis tambahan yaitu bisnis teknologi informasi dan bisnis ritel dan properti.

Produk dan Jasa

1.       SURAT DAN PAKET

Layanan ini meliputi pengiriman surat dan paket ke area dalam negeri dan internasional. Secara spesifik, layanan surat dan paket adalah sebagai berikut :

·         Layanan surat dan paket dalam negeri Layanan pengiriman surat dalam negeri mencakup pengiriman surat dengan berat maksimum 2 kg dan tujuan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan pengiriman paket dalam negeri mencakup pengiriman de-ngan berat > 2 kg – tidak terbatas (unlimited)

·         Pos Express merupakan layanan premium milik PT Pos Indonesia (Persero) untuk pengi-riman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim dokumen, surat, paket serta barang dagangan online.

·         Surat Pos Biasa (Standar) Layanan pengiriman dokumen, surat, dan kartu pos untuk semua lapisan masyarakat menggunakan prangko sesuai dengan tarif yang berlaku untuk wilayah tertentu. Kemudahan akses dan jangkauan pelayanan. Surat Pos Biasa dapat dikirim melalui loket Kantorpos mana saja.

·         Paketpos Biasa, adalah layanan pengiriman paket dengan tarif paling ekonomis. Pengiriman barang melalui Paket pos Biasa menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

·         Pos Kilat Khusus merupakan layanan milik Pos Indonesia untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk me-ngirim dokumen, surat, paket serta barang dagangan online.

·         Pos AdMail adalah unit bisnis yang dihadirkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk memberikan dukungan nyata bagi business - customer. Kehadiran unit khusus ini, selain sebagai jawaban atas tantangan bisnis yang dihadapi, sekaligus memberikan solusi terintegrasi bagi para pelanggan korporat.

2.       JASA KEUANGAN

Melalui jaringan yang luas dan tersebar hingga ke pelosok negeri, layanan jasa keuangan PT Pos Indonesia (Persero) dapat menciptakan financial inclusion bagi unbanked population di Indonesia. Program financial inclusion ini ditujukan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan layanan jasa keuangan. Peningkatan akses masyarakat kepada layanan jasa keuangan tersebut memerlukan koordinasi lintas sektoral yang melibatkan otoritas perbankan, jasa keuangan non bank, dan instansi lainnya. Layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) adalah sebagai berikut.

·         Remitansi

Weselpos merupakan layanan pengiriman dan penerimaan uang yang memberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan dan keamanan kiriman uang, secara domestik (nasional) maupun luar negeri (internasional). Layanan remitansi terdiri dari beberapa spesifikasi produk sebagai berikut:


 

 

1)      Layanan Domestik (Nasional)

·         Weselpos Instan

Layanan pengiriman uang ke seluruh Indonesia secara online real-time, dapat di layani di 4.543 Kantorpos online, pembayaran menggunakan PIN dan NTP yang dikirimkan langsung oleh Pengirim kepada Penerima.

·         Weselpos Prima

Layanan pengiriman uang ke seluruh Indonesia dengan meng-gunakan surat pemberitahuan yang diantar oleh Kantor pos tujuan kepada penerima

·         Weselpos Transfer Tunai (Cash To Account)

Layanan transfer uang secara online real-time melalui loket Kantorpos dengan tujuan transfer ke semua rekening bank.

·         Weselpos Kemitraan

Layanan pengiriman uang kerja-sama dengan pihak lain, di-lakukan berdasarkan perjanjian kerjasama dengan tarif dan laya-nan sesuai kesepakatan.

2)      Layanan Luar Negeri (Internasional)

Layanan pencairan dan pengiriman uang dari dan ke luar negeri kerjasama dengan beberapa bank dan Money Transfer Operators (MTO), dapat di layani di 4.543 Kantor Pos online:

·         International Express Money Order (IEMO) jaringan Universal Postal Union (UPU)

·         Western Union

·         BNI (Wesel PIN)

·         BCA (Fire Cash)

·         Transfast

·         Bank Syariah Mandiri (Weselpos Instan BSM)

·         CIMB Niaga (Weselpos Instan CIMB Niaga)

·         Artha Semesta Utama (Moneygram)

·         Ebays (Weselpos Instan Ebays)

·         Telkomsel (Weselpos Instan Telkomsel)

 

·         GiroPos

Merupakan layanan bisnis keuangan untuk pengiriman uang secara online dari satu pengirim ke banyak penerima transaksi keuangan berbasis rekening yang dapat melakukan proses penyetoran, pemindahbukuan, pembayaran, dan transaksi lainnya sebagai alternatif layanan perbankan. Pada perkembangannya Layanan Giro saat ini sudah menggunakan aplikasi Core Giro System.

·         Pospay

Merupakan layanan pembayaran berbagai tagihan dan ang-suran di kantor pos dan Agen pos yang tersebar di seluruh Indonesia.


 

 

·         Fund Distribution

Merupakan Layanan bisnis keuangan untuk pengiriman uang secara online dari satu pengirim ke banyak penerima, pada umumnya layanan ini digunakan oleh institusi pemerintah / swasta untuk penyaluran dana bantuan, payroll dll.

·         Bank Channelling

Mencakup layanan produk simpanan dan jasa pemotongan angsuran kredit pensiun. Dalam hal ini, PT Pos Indonesia (Persero) membina kerja sama dengan Bank Tabungan Negara melalui produk e-Batara Pos untuk produk simpanan dan kerjasama dengan beberapa Mitra Perbankan dan Koperasi untuk jasa potongan angsuran kredit Pensiun.

·         Fronting

Merupakan layanan dengan aktivitas melakukan akuisisi calon debitur kredit pensiun yang meliputi tahapan kegiatan Prospecting / pemasaran, pengumpulan dan pengajuan berkas kredit, entri data, pra analisis dan rekomendasi kredit, penandatanganan perjanjian kre-dit dan proses take over.

 

3)      Logistik

Kegiatan bisnis logistik di PT Pos Indonesia (Persero) bermula dari adanya proyek bisnis logistik pada tahun 2004. Dengan dukungan kekuatan jaringan PT Pos Indonesia (Persero) yang tersebar di seluruh Indonesia, pada tahun 2007, SBU Logistik secara resmi didirikan dengan tujuan untuk melakukan penetrasi pasar logistik yang sedang berkembang. Pada akhir tahun 2011 PT Pos Indonesia (Persero) telah melakukan spin-off yaitu mengubah SBU Logistik menjadi perseroan dengan kepemilikan saham mayo-ritas berada di tangan PT Pos Indonesia (Persero). Bertujuan untuk memenuhi syarat legalitas dan juga perizinan, pada bulan Maret 2012 PT Pos Logistik Indonesia resmi didirikan sebagai anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero). Sebagai anak perusahaan, PT Pos Logistik Indonesia diharapkan dapat beroperasi secara independen dan profesional untuk dapat memaksimalkan peluang pada bisnis logistik di Indonesia sekaligus memanfaatkan jaringan fisik yang sudah terbangun.

Berikut ini adalah deskripsi layanan yang diberikan oleh PT Pos Logistik Indonesia:

·         Transportasi (trucking) melalui pemindahan barang dari pabrik ke korporasi/ agen.

·         Pergudangan (warehousing) dengan melakukan kegiatan pengelolaan persediaan yaitu penyimpanan, pemberian label, tagging, dan lain-lain.

·         Freight forwarding sebagai layanan untuk mewakili kepentingan pemilik barang untuk melaksanakan kegiatan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang.

·         Jasa kepabeanan dan administrasi melalui penanganan cus-tom clearance.


 

 

4)      Ritel dan property

Bisnis ritel dan properti PT Pos Indonesia (Persero) terdiri dari bisnis ritel yang meliputi seluruh transaksi di loket dari seluruh kantor pos dan agen pos yang tersebar di seluruh Indonesia serta Bisnis Properti yang merupakan optimalisasi dari aset yang dimiliki serta mengandalkan kinerja PT Pos Properti sebagai anak perusahaan yang bergerak di bidang properti. Kegiatan bisnis ritel yang merupakan front line dari seluruh layanan PT Pos Indonesia (Persero) menjadikannya sebagai perangkai dan perekat seluruh produk PT Pos Indonesia (Persero). Dengan memanfaatkan jaringan fisik yang selama ini telah terbangun diharapkan perusahaan mampu menjadi jaringan layanan bisnis surat & paket, jasa keuangan, properti dan layanan ritel itu sendiri, yang unggul pada tahun 2018. Peningkatan dan pemeliharaan kualitas pelayanan dari loket-loket di setiap kantor pos di seluruh Indonesia menjadi krusial. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi bisnis ritel tetapi juga bagi produkproduk PT Pos Indonesia (Persero) lainnya.

Produk-produk yang ditawarkan adalah:

·         Benda materai

PT Pos Indonesia (Persero) memiliki peran sebagai channel penjualan materai dari Ditjen Pajak, yang pengelolaannya diatur dalam surat edaran Dirjen Pajak No. SE-23/ PJ.53/2003 tanggal 17 September 2003. Melalui bisnis ini, PT Pos Indonesia (Persero) mendapatkan fee dari tiap penjualan produk yang kemudian menjadi pendapatan bagi PT Pos Indonesia (Persero) (sistem konsinyasi).

·         Filateli (prangko)

Penjualan produk filateli (prangko) yang memiliki karakteristik:

·         Prangko untuk keperluan surat menyurat. Penetapan tarif prangko yang berlaku saat ini menggunakan tarif menurut Keputusan Direksi N o . 3 4 / D i r u t p o s / 0 7 0 2 tanggal 23 Agustus 2002.

·         Prangko sebagai koleksi/ cenderamata. Saat ini, PT Pos Indonesia (Persero) memiliki sekitar 11 seri penerbitan prangko per tahun.

 

5)      Alamat Website

posindonesia.co.id

 

Purwakarta, 9 Februari 2021