PROFIL DINAS KESEHATAN KABUPATEN PURWAKARTA

1.      Profil Instansi

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan bidang Kesehatan. Dinas Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

 

a.       Visi dan Misi

Visi :

Menjadikan Dinas Kesehatan sebagai pendorong Masyarakat Mandiri untuk Hidup Sehat menuju Purwakarta Sehat, Mandiri dan Berkarakter.

Misi :

1.      Memwujudkan pelayanan Kesehatan yang merata, bermutu dan terjangkau oleh masyarakat

2.      Mewujudkan upaya perlindungan masyarakat agar bebas dari masalah-masalah penyakit

3.      Mendorong untuk mewujudkan lingkungan yang sehat bagi masyarakat, dan

4.      Mendorong untuk mewujudkan prilaku yang bersifat proaktif, mandiri untuk memelihara Kesehatan bagi masyarakat.

 

b.      Tugas Pokok dan Fungsi

 

Tugas pokok Dinas Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah dalam bidang Kesehatan berdasarkan azas otonomi daerah dan tugas perbantuan.

 

Fungsi

1.      Menyusun rencana kerja Dinas Kesehatan

2.      Perumusan kebijakan teknis urusan pemerintahan bidang Kesehatan

3.      Pelaksanaan, pelayanan, pembinaan dan pengendalian urusan pemerintahan bidang Kesehatan.

4.      Pelaksanaan teknis administrasi ketatausahaan.

5.      Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati.

 

 

 

 

c.       Motto Instansi

-

 

2.      Jenis Layanan yang dilayani di MPP Bale Madukara

 

a.       Penjelasan layanan

Permohonan izin tenaga kesehatan dan sarana kesehatan di sampaikan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang bertempat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara Kabupaten Purwakarta, kecuali jenis non perizinan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum, Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan, Surat Terdaftar Salon Kecantikan, disampaikan ke Dinas Kesehatan yang ada di Mal Pelayanan Publik Bale Madukara.

Adapun jenis perizinan dan non perizinan Dinas Kesehatan yaitu :

 

1)      Rekomendasi Surat IzinPraktek Tenaga Kesehatan :

-          Surat IzinPraktek DokterUmum (SIPDU)

-          Surat IzinPraktek Dokter Gigi (SIPDG)

-          Surat IzinPraktek DokterSpesialis (SIPDS)

-          Surat IzinPraktek DokterInternsip (SIPDI)

-          Surat IzinPraktek Bidan (SIPB)

-          Surat IzinPraktek Perawat (SIPP)

-          Surat IzinPraktek Apoteker (SIPA)

-          Surat IzinPraktek Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)

-          Surat IzinPraktek Terafis Gigi dan Mulut (SIPTGM)

-          Surat IzinPraktek Ahli TeknologiLaboratoriumMedik (SIPATLM)

-          Surat IzinPraktek Radiografer (SIPR)

-          Surat IzinPraktek RefraksiOptisien (SIPRO)

-          Surat IzinPraktek PenataAnestesi (SIPPA)

-          Surat IzinPraktek Sanitarian (SIPS)

-          Surat IzinPraktek PerekamMedik (SIPPM)

-          Surat IzinPraktek Fisioterapis (SIPF)

-          Surat IzinPraktek Ahli Gizi (SIPAG)

-          Surat IzinPraktek TerapisWicara (SIPTW)

-          Surat IzinPraktek PenyehatTradisional (SIPPT)

-          Surat IzinPraktek TeknisiPelayanan Darah (SIPTPD)

-          Surat Izin Praktek Okupasi Terapis (SIPOT)

-           

2)      Rekomendasi Izin Sarana Kesehatan :

-          Izin Pendirian Rumah Sakit Umum (Kelas C, D)

-          Izin Operasional Rumah Sakit Umum (Kelas C, D)

-          Izin Pendirian Rumah Sakit Khusus (Kelas C)

-          Izin Operasional Rumah Sakit Khusus (Kelas C)

-          Izin Puskesmas

-          Izin Klinik

-          Izin Apotek

-          Izin Toko Obat

-          Izin Laboratorium Klinik Pratama

-          IzinToko Alat Kesehatan

-          Izin Optik

-          Izin Unit Transfusi Darah

-          Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)

-           

3)      Rekomendasi Non Perizinan

-          Sertifikat Produk Pangan Industri RumahTangga (SP-PIRT)

-          Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Jasa Boga/Katering

-          Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran

-          Surat TerdaftarPenyehatTradisional (STPT)

 

4)      Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum

5)      Surat Terdaftar Salon Kecantikan

 

b.      Dasar Hukum

-       Undang-undangnomor 25 Tahun 2009 tentangPelayananPublik

-       Undang-undangnomor 36 Tahun  2009tentang Kesehatan

-       Undang-undangnomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan

-       Undang-undangnomor 44 Tahun 2014 tentangRumahSakit

-       Permenkes  2052 Tahun 2011 tentang Ijin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran

-       Permenkes nomor 28 Tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktek Bidan

-       Permenkes nomor 26 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang nomor 38 Tahun 2018 tentang Keperawatan

-       Permenkes nomor 20 Tahun 2016 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Terafis Gigi dan Mulut

-       Permenkes nomor 31 Tahun 2016 tentang Perubahan Permenkes No.889 Tahun 2011 tentang Registrasi, Izin Praktik dan Izin Kerja Tenaga Kefarmasian

-       Permenkes nomor 18 Tahun 2016 tentang Izin Penyelenggaraan Praktik Penata Anestesi

-       Permenkes nomor 32 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan  Tenaga Sanitarian

-       Permenkes nomor 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis

-       Permenkes nomor 42 Tahun 2015 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik ATLM

-       Permenkes nomor 80 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktik Fisioterapis

-       Permenkesnomor 357 Tahun 2006 tentang Registrasi dan Izin Kerja Radiografer

-       Permenkes nomor 19 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Refraksionis Optisien dan Optometris

-       Permenkes nomor 26 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktik Tenaga Gizi

-       Permenkesnomor 61 Tahun 2016 tentangPelayanan Kesehatan TradisionalEmpiris

-       Permenkes nomor 1331 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan No.167 Tahun 1972 tentang Pedagang Eceran Obat.

-       Permenkes nomor 1191/2010 tentang Penyalur Alat Kesehatan

-       Permenkes nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik

-       Permenkes nomor 9 Tahun 2017 tentang Apotek

-       Permenkes nomor 1 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Optikal

-       Permenkes nomor 7 Tahun 2012 tentang Registrasi Obat Tradisional

-       Permenkes nomor 43 Tahun 2014 tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum

-       Perda No.13 Tahun 2012 tentang Pengelola, Penyehatan Lingkungan Tempat Usaha, Industri, Sarana Kesehatan dan Pemukiman di Kab.Purwakarta

-       Peraturan Kepala BPOM RI nomor HK.03.1.23.04.12.2205 Tahun 2012 tentangPedomanPemberianSertifikatProduksiPanganIndustriRumahTangga

 

c.       Persyaratan Pelayanan

1)      Persyaratan tenaga kesehatan :

-       Potokopi KTP pemohon

-       Potokopi Ijasah profesi terakhir di legalisir

-       Potokopi Surat Tanda Registrasi (STR) dilegalisir

-       Potokopi SIP yang telah dimiliki sesuai tempat praktek

-       Surat Sehat dari dokter yang telah memiliki SIP

-       Surat  keterangan/rekomendasi dari Puskesmas setempat

-       Surat pernyataan memiliki tempat praktek dan kesanggupan melaksanakan praktek sesuai profesi (bermaterai Rp.10.000,-)

-       Surat pernyataan membina posyandu (bermaterai Rp.10.000,-)

-       Surat rekomendasi dari organisasi profesi

-       Surat keterangan dari pimpinan sarana/atasan langsung

-       Pas poto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar

 

 

 

2)      Persyaratan sarana kesehatan

-          Potokopi KTP pemohon

-          Potokopi NPWP pemohon dan perusahaan

-          Potokopi Bukti Kepemilikan Tanah/Bangunan atau bukti sewa

-          Potokopi IMB sesuai peruntukannya

-          Potokopi SP2L/Dokumen pengelolaan lingkungan yang telah di sahkan oleh Dinas Lingkungan hidup

-          Potokopi Akta pendirian perusahaan yang di sahkan oleh Kemenhumkam

-          Potokopi Surat kerja sama dengan pihak ketiga tentang pengelolaan limbah B3

-          Potokopi SIP ketenagaan kesehatan yang masih berlaku

-          Profil sarana

-          Surat rekomendasi dari Puskesmas setempat

-          Surat pernyataan membina posyandu (bermaterai Rp.10.000,-)

-          Potokopi NIB dan izin komersial / operasional dari OSS

 

3)      Persyaratan non perizinan

-          Potokopi KTP pemohon

-          Potokopi NPWP pemohon

-          Potokopi SP2L yang disahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup

-          Potokopi Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PIRT)

-          Rancangan Label pangan (PIRT)

-          Denah lokasi dan denah ruangan

-          Pas poto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar

 

4)      Persyaratan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum

-          Potokopi KTP pemohon

-          Surat keterangan Domisili Usaha

-          Denah lokasi dan bangunan

-          Surat keterangan hasil pemeriksaan sample air

-          Pas poto berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar

 

6)      Persyaratan Surat Terdaftar Salon Kecantikan

-          Potokopi KTP pemohon

-          Potokopi sertifikat/kursus salon

-          Surat keterangan Domisili Usaha

-          Denah lokasi dan bangunan

-          Pas poto berwarna terbaru ukuran 3x4  sebanyak 2 lembar

 

 

d.      Sistem Mekanisme dan Prosedur 

Pemohon mengajukan izin atau non izin ke DPMPTSP melalui Mal Pelayanan Publik Bale Madukara Kabupaten Purwakarta, kemudian Dinas Kesehatan dapat memproses rekomendasi setelah :

1)      Berkas diterima

2)      Verifikasi

3)      Berkas lengkap disetujui/berkas tidak lengkap di kembalikan

4)      Peninjauan lokasi untuk izin sarana kesehatan dan Praktek Mandiri Tenaga Kesehatan

5)      Proses Surat rekomendasi/Sertifikat/surat terdaftar

 

e.       Jangkawaktupelayanan

-          Setelah berkas lengkap dari DPMPTSP proses rekomendasi maksimal 7 hari kerja

-          Untuk SertifikatLaik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum, Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan, Surat Terdaftar Salon Kecantikan maksimal 14 hari dari mulai berkas lengkap.

-           

f.        Biaya/Tarif

Tidak ada biaya (Gratis)

 

3.      Alamat Wibesite

dinkes.purwakartakab.go.id

 

 

                                                                         Purwakarta,  Januari 2021

                                                                           Kepala Dinas Kesehatan

 

 

                                                                       dr. H. Deni Darmawah, MARS

                                                                        NIP. 19750913 200604 1008